Cermin

Saya adalah cermin buatmu. Begitu juga sebaliknya, kamu adalah cermin buat saya. Kita pernah bertumbuh kembang bersama, saling mentransfer energi positif. Kamu menunjukkan kelemahan-kelemahan saya terhadap dunia, begitu juga saya yang selalu mampu memastikan semua yang kamu rasakan. Saya pun mengagumi apa yang tak mampu saya lihat tanpamu. Kamu pun akan melihat saya sebagai cermin yang menampakkan segala kehebatanmu.

Hujan di luar makin deras. Saya termangu dalam ruangan ber-AC sambil menahan dingin. Pandangan saya terlempar seperti panah menuju pegunungan tiga dimensi yang telah berubah menjadi dua dimensi karena hujan yang bercampur dengan kabut. Apakah kamu juga sedang memandangi hujan yang murka ini? Saya sapukan telapak tangan saya pada kaca yang berembun. Saya sekarat disini sendirian, batin saya.

Kembali saya mendata serpihan-serpihan ingatan itu. Hidup tanpa cermin telah saya lakoni dan saya tahu bahwa mencari sebuah cermin bukanlah hal mudah. Kenyataannya saya lebih sering bertemu kaca riben yang berwarna hitam itu hingga duplikat saya disana tampak gelap. Saya bahkan tidak tahu apa warna kulit saya. Samar-samar. Saya hanya mampu melihat ekspresi wajah saya yang sedang tertawa, namun tidak menangkap airmata yang berlinangan seperti lilin meleleh itu. Kaca riben hanya menangkap bagian kecil dari diri saya yang identik dengan palsu itu.

Lalu ketika suatu hari kita bertemu, kamu akan terkaget-kaget melihat segala perubahan dalam diri saya. Kamu tidak akan pernah menyangka bahwa kamu menjadikan saya sempurna dengan pantulanmu. Kamu adalah cermin paling hebat yang pernah saya punya.

Semarang, 20 November 2008
Di depan cermin yang bernyanyi.

4 thoughts on “Cermin

  1. tapi, terkadang….kaca riben yang bersih,…..ehm….memang bukan tempat yang baik untuk berkaca, tapi baik untuk berlindung dari panas matahari.. 🙂

Leave a Reply

